Jumat, 11 Januari 2013

GEOMETRI SKETCHPAD


Sebelumnya pada computer dinstalkan Software geometers’ sketchpad. Sketchpad adalah software matematika dinamis yang dapat digunakan untuk mempelajari geometri, aljabar, kalkulus, dan lain sebagainya.
Berikut ini adalah berbagai tool yang dapat digunakan dalam Geometer's Sketchpad :



  • Apa yang perlu sebelum mengkonstruksi…?
  • Apa yang dilakukan sebelum mengukur…?

1.Lingkaran

Kita Buat lingkaran dengan menggunakan Circle Tool, sehingga membentuk lingkaran seperti berikut. Untuk memberikan label klik kanan pada titik, lalu pilih Display >> Show Label.


Untuk mengetahui keliling, luas, dan jari-jari lingkaran klik Measure >> Circumference, Area, Radius. Untuk membuat hasil dalam bentuk tabel, pilih semua perhitungan yang akan ditabelkan lalu klik Graph >> Tabulate. Tabel akan muncul seperti gambar berikut.


2. Segitiga

Kita Buat segmen garis dengan menggunakan Line Segment Tool sehingga membentuk segitiga seperti gambar berikut. Untuk memberikan label pada sudut klik Text Tool, lalu klik pada sudut yang ingin diberi label.


Untuk mengetahui panjang garis AB, klik kanan pada segmen garis AB, lalu pilih Measure >> Length. Begitu juga pada segmen garis lainnya sehingga didapatkan panjang setiap garis seperti pada gambar berikut: 


Untuk mengetahui gradien setiap sisi pada segitiga tersebut, klik kanan pada segmen garis , lalu pilih Measure >> Slope.


0 komentar:

Posting Komentar