PENGEMBANGAN
MEDIA WEBSITE PEMBELAJARAN MATERI PROGRAM LINEAR UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH
ATAS
Muhammad Win Afgani1,
Darmawijoyo2, Purwoko, M.Si2
Penelitian
ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah website dengan konten program linear. Responden
penelitian ini adalah para siswa kelas XII SMA Negeri 1 Palembang. Media ini dikembangkan melalui
empat tahapan, yaitu tahap analisis pendahuluan, tahap perancangan, tahap
evaluasi, dan tahap revisi. Untuk melihat keefektifannya, peneliti melakukan
uji pakar dan uji coba ke lapangan dengan indikator bagaimana motivasi, sikap
dan hasil belajar siswa.
Kata
Kunci: Pengembangan,
Media, Website, Program Linear
PENDAHULUAN
Berkembangnya ilmu dan teknologi
telah membawa perubahan pada learning material
atau materi pembelajaran, pemilihan materi yang sesuai dengan media yang
ditentukan merupakan langkah awal yang penting, disamping pemaparan yang mudah
dicerna, serta memungkinkan peserta didik dapat
mencapai tingkat penguasa secara mandiri (Universita Terbuka,2006).
METODELOGI
PENELITIAN
Jenis penelitian ini adalah
pengembangan dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif
dengan variabelnya adalah media pembelajaran matematika yang dikembangkan pada
website dengan pokok bahasan program linear yang meliputi isi (content) dan
sistematika penyajiannya.
Operasional penelitian ini, yakni
pengembangan media pembelajaran matematika pada website adalah suatu kegiatan
yang mengembangkan media pembelajaran matematika pokok bahasan program linear
yang meliputi isi (content) dan sistematika penyajiannya menggunakan Micromedia
Falsh sebagai software pendukung pada website dimana untuk mengetahui
keefektifan media tersebut dilakukan uji validasi, yang kemudian dilanjutkan
uji lapangan (field test). Sebagai subjek penelitian ini adalah media website
pada materi program linear dengan responden para siswa kelas XII-IA 1 dan
XII-IA2 di SMA Negeri 1 Palembang.
Prosedur penelitian meliputi aktifitas
analisa pendahuluan, merancang, mengevaluasi dan merevisi sampai tujuan yang diinginkan (Akker,1999).
Teknik pengumpulan dan analisis data
pada penelitian ini berupa angket tertutup yang digunakan untuk mengukur sikap
siswa dan dianalisis menggunakan skala linkert dengan penilaian sangat setuju,
setuju, dan tidak punya pendapat (netral), tidak setuju, dan sangat tidak
setuju.
HASIL DAN
PEMBAHASAN
Penelitian
ini diawali dengan melakukan observasi ke SMA Negeri 1 Palembang secara
informal untuk mengobservasi
laboratorium komputer dan kecakapan siswa terhadap komputer, khusunya
dalam mengakses internet .
Dalam pengembangan media website,
tahap analisis pendahuluan melakukan analisis materi pokok bahasan program
linear untuk menyesuaikan dengan kompetensi dasarnya. Pada tahap perancangan
terbagi dalam dua bagian, yaitu: tahap perancangan materi menggunakan kertas (paper-based) dan yang kedua menggunakan
komputer (computer-based). Tahap paper-based dimulai dengan mensketsa
materi program linear pada kertas yang bertujuan untuk memperoleh gambaran
tentang objek dan apa saja yang akan ditampilkan pada website, dan kemudian
dilanjutkan dengan merancangnya menggunakan Macromedia Flash 8.0 yang diawali
dengan perancangan tutorial materi dan di-upload ke hosting
http://pages.google.com.
KESIMPULAN
Berdasarkan
hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1.
Proses
pengembangan media website program linear
dimulai dari analisis pendahuluan, merancang, mengevaluasi dan merevisi.
2.
Sikap
siswa terhadap pembelajaran program linear dengan media website termasuk dalam
kriteria Tertarik.
3.
Tingkat
motivasi siswa dalam mempelajari materi program linear secara mandiri dengan
media website termasuk dalam katergori
Termotifasi.
4.
Hasil
belajar siswa dalam pembelajaran program linear yang menggunakan media website
termasuk kategori Sangat Baik dimana pada prototype
2 yang termasuk kategori Sangat Baik ada 52,63% dan masih ada 2,63%
termasuk kategori Gagal, sedangkan pada prototype
3 yang termasuk kategori Sangat Baik 51,28% tanpa ada siswa yang termasuk
kategori Gagal (0%).
DAFTAR
PUSTAKA
Arikunto,S.1991.Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.Bumi Aksara,Jakarta.
Arsyad,A.2003.Media Pembelajaran.Raja Gravindo Persada,Jakarta.
Sobur,A.2003.Psikologi Umum.Bandung,Pustaka Setia.
0 komentar:
Posting Komentar